15 Kebiasaan Inilah yang Ternyata Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Anda


Uniq Info - Apa sih penyebab jerawat yang perlu diketahui itu ? Sebenarnya penyebab jerawat yang perlu dikethui itu sangat beragam. Namun tidak semua orang mengetahui penyebab jerawat secara pasti. Maka dalam artikel ini akan menjelaskan apa saja penyebab jerawat yang perlu diketahui.

Banyak kebiasaan buruk sehari-hari yang disengaja maupun tidak disengaja juga dapat menimbulkan jerawat. Jerawat timbul dapat timbul berbagai macam jenisnya. Terkadang ada jerawat yang mudah untuk disembuhkan, ada yang agak membandel untuk disembuhkan dan ada pula jenis jerawat yang sangat membandel untuk disembuhkan. Jenis jerawat yang dikatakan membandel yaitu jerawat yang jika sudah disembuhkan dapat kambuh kembali seperti salah satunya adalah jenis jerawat batu.

Kenapa harus mengatahui faktor penyebab-penyebab timbulnya jerawat? Penyebab jerawat perlu diketahui sejak dini agar kita dapat meminalisir munculnya jerawat. Semua orang sangat tidak menginginkan apabila wajahnya terserang penyakit jerawat.

Jerawat selain membuat penampilan kurang menarik juga membuat penderita merasa tidak percaya diri. Maka hal ini kita harus lebih berhati-hati dan lebih aktif dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan kulit wajah. Agar senantiasa kulit wajah sehat dan terhindar dari gangguan dari timbulnya jerawat.


Baca: Tips menghilangkan jerawat dengan garam dapur

Jerawat terkadang membuat kulit sekitar merasa sakit bahkan perih saat terkena keringat. Jerawat dapat timbul karena faktor-faktor tertentu. Berberapa faktor yang dapat menimbulkan jerawat adalah sebagai berikut

Faktor-faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Yang Perlu Kita Ketahui. 


1. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit
Isopropyl Myristate merupakan sejenis zat kimia yang memiliki peran untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebihan. Namun tidak semua jenis kulit cocok degan produk tersebut. Apabila jenis kulit kita tidak cocok dengan Isopropyl Myristate ini maka jangan dipaksakan agar tidak terjadi iritasi kulit wajah.

Mengandung parfum yang berlebih. produk kosmetik yang mengandung wangi parfum secara berlebih juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat pada kulit wajah. Untuk hal ini sebelum membeli produk kosmetik dipastikan lebih teliti agar tidak terjadi hal-hal yang merusak kulit wajah.

2.  Mencuci muka secara berlebihan
Mencuci kulit wajah adalah hal yang baik untuk dilakukan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan atau sering mencuci muka berkali-kali dalam sehari, hal ini  memiliki efek negatif bagi kulit wajah yaitu akan membuat kulit wajah kering. Maka dalam hal ini sebaiknya mengurangi mencuci muka secara berlebihan agar kulit wajah tetap sehat berseri terhindar dari jerawat.

3.  Terlalu sering menyentuh kulit wajah saat tangan dalam keadaan kotor
Saat keadaan tangan kotor tidak disaran untuk sering menyentuh kulit wajah karena dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Hal seperti banyak orang yang tidak menghiraukan akan kesehatan kulit wajah. Terlebih selain menyebabkan jerawat juga dapat mejadi sarang bakteri yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah lainnya. Apabila ingin menyentuh kulit wajah, diusahakan tangan dalam keadaan bersih dari kotoran agar kulit wajah selalu bersih dan sehat dari gangguan timbulnya jerawat.

4.  Sering mengalami stres yang berlebih
Stres yang larut lama atau berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan terutama kesehatan kulit wajah. Untuk menghindari hal ini biasakan mengurangi rasa stres dengan banyak kegiatan sosial, relaksasi, ataupun dengan banyak berolah raga. Dengan berolah raga dapat meningkatkan kinerja hormon tubuh lebih maksimal. Dan mengurangi terjadinya penumpukan hormon-hormon tertentu yang dapat menyebabkan terbentuknya jerawat atau gangguan kulit lainnya. Selain menggangu kesehatan kulit juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

5. Tidak dengan segera membersihkan keringat pada wajah/membiarkan keringat menempel pada wajah terlalu lama
Keringat yang menempel pada wajah yang tidak segera dibersihkan akan membuat kulit wajah terjadi timbulnya jerawat. Hal seperti ini juga tidak banyak orang menyadarinya, padahal keringat yang menempel pada wajah juga mempermudah bakteri berkembang. Untuk menyikapi hal ini maka sesegera mungkin membersihkan keringat yang menempel agar tidak menjadi sarang berkembangnya bakteri penyebab penyakit kulit.

6.  Jerawat  bisa timbul karena jarang keramas
Jarang keramas juga dapat mempengaruhi timbulnya  jerawat terlebih lagi apabila kulit kepala kita banyak memproduksi minyak berlebih. Hal ini karena kandungan minyak yang berlebih dapat terbawa oleh keringat menempel pada kulit wajah. Semakin menumpuknya minyak pada kulit wajah akan mempermudah menempelnya kotoran-kotoran debu atau bakteri lainnya penyebab timbulnya jerawat. Rajin keramas merupakan termasuk dalam kegiatan mencegah timbulnya jerawat. Maka sebaiknya rajin keramas setidaknya seminggu 3 – 4 kali.

7.  Jerawat  bisa timbul karena kurang tidur
Tidur yang cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Kurangya tidur dalam sehari dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini karena saat tubuh kekurangan istirahat akan mendorong memroduksi hormon insulin yang berlebih sehingga dapat menimbulkan jerawat. Untuk menghindari hal-hal seperti ini sebaiknya diusahakan tidur yang cukup dalam sehari dan juga tidak boleh berlebihan. Tidur yang cukup dalam sehari kurang lebihnya membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Saat sedang tidur sel-sel kulit secara otomatis melakukan perbaikan sel kulit yang rusak aktifitas sehari-harinya. Sehingga kulit akan kembali normal dan terhindar dari berbagai penyakit kulit salah satunya gangguan jerawat.

8.  Jerawat  bisa timbul karena jarang membersihkan perlengkapan tidur
Perlengkapan tidur yang tidak segera dibersihkan secara berkala, juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Perlengkapan tidur harus diperhatikan kebersihannya agar tidak membuat berbagai masalah kulit. Sprey, sarung bantal, selimut merupakan hal yang sangat penting dan tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Secara tidak disadari peralatan tidur tersebut mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab masalah jerawat.

9.  Jerawat  bisa timbul karena Menggunakan minyak rambut secara berlebihan
Menggunakan minyak rambut, secara berleihan juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Karena minyak yang terlalu banyak  pada rambut akan merambat ke sel-sel kulit sehingga akan terbawa oleh keringat dan menempel pada kulit wajah. Kulit wajah yang terlalu banyak mengandung minyak akan mempermudah pertumbuhan jerawat.

10.  Jerawat  bisa timbul karena kulit wajah selalu dikeringkan secara berlebihan
Kulit wajah yang terlalu sering dikeringkan atau diusap-usap secara berlebihan juga dapat mangakibatkan timbulnya jerawat. Maka dalam hal ini apabila ingin mengeringkan kulit wajah sebaiknya dalam batas normal atau sewajarnya saja. Agar tidak terjadi iritasi pada kulit yang mengakibatkan munculnya jerawat.

11.  Jerawat  bisa timbul karena tidak mencuci kulit wajah dimalam Hari
Untuk menghindari timbulnya jerawat sebaiknya sebelum tidur mencuci muka terlebih dahulu. Agar kotoran sisa make up tidak menutupi pori-pori kulit wajah. Pori-pori kulit wajah yang tersumbat membuat regenerasi sel kulit tidak berjalan maksimal. Hal ini akan mengakibatkan masalah kulit wajah terutama munculnya jerawat.

12.  Jerawat  bisa timbul karena terlalu sering menggunakan pakaian yang ketat
Jerawat dapat terjadi tidak hanya pada kulit wajah saja tetapi dapat muncul diberbagai kulit badan lainnya. Terlalu sering mengenakan pakaian yang ketat juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Hal ini terjadi karena sel-sel kulit kesulitan untuk proses oksidasi. Sehingga sel-sel kulit tersebut akan mengalami permasalahan dan mengakibatkan munculnya jerawat.

13.  Jerawat  bisa timbul karena pola makan yang tidak tepat
Kebiasaan pola makan yang tidak sehat seperti memakan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet merupakan faktor utama penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah serta kulit badan lainnya. Maka dalam hal ini sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Untuk menghindari timbulnya jerawat sebaiknya perbanyak menkonsumsi jenis makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan segar seperti jeruk, apel, buah naga, pepaya, nanas dan lain sebagainya. Buah-buahan tersebut memiliki khasiat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

14.  Jerawat  bisa timbul karena kebiasaan merokok
Merokok merupakan hal yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh kita. Merokok tidak hanya merugikan si perokok aktif namun juga sangat merugikan si perokok pasif. Beberapa masalah kesehatan akan timbul karena zat-zat berbahaya pada rokok salah satunya timbulnya jerawat.  Menurut para penelitian di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengunkapkan bahwa jerawat non-inflamasi dapat muncul lebih besar di kalangan perokok. Maka dari itu menghentikan kebiasaan merokok merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari timbulnya jerawat.

15. Berjemur dibawah terik sinar matahari dalam waktu yang cukup lama
Berjemur dibawah sinar matahari sebenarnya baik untuk kesehatan tetapi pada saat matahari pagi hari.   Jika berjemur dibwah terik panas sinar matahari yang cukup lama juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Sinar matahari yang tidak baik pada kesehatan tubuh hanya pada waktu-waktu tertentu. Untuk menghindari timbulnya jerawat sebaiknya menghindari paparan panas terik sinar matahari secara langsung. Hal ini karena panas terik matahari  dapat memicu sel kulit memproduksi kelenjar minyak berlebih sehingga mempermudah tumbuhnya jerawat.

Baca juga: Cara cepat hilangkan flek hitam bekas jerawat

Related Posts

15 Kebiasaan Inilah yang Ternyata Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Anda
4/ 5
Oleh