3 Cara Ampuh Hilangkan Panu Tanpa Efek Samping, Patut Dicoba!


Uniq Info - Tidak semua masalah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh membahayakan nyawa, akan tetapi beberapa masalah kesehatan tubuh beberapa diantaranya dapat membuat penderita mengalami masalah pada kepercayaan dirinya.

Salah satu masalah kesehatan yang mengurangi rasa percaya diri si penderita adalah panu. Panu memang merupakan masalah kesehatan yang mengganggu organ kulit, namun penyakit ini bukanlah termasuk penyakit yang berbahaya.

Panu merupakan suatu penyakit kulit yang memiliki bentuk khas berupa spot putih atau merah yang muncul dan tersebat pada permukaan kulit.

Biarpun tidak termasuk ke dalam golongan penyakit yang berbahaya, akan tetapi kehadiran panu pada kulit penderita akan menimbulkan pandangan negatif dari orang lain. Panu identik dengan kebersihan tubuh, sehingga bukan tidak mungkin seseorang yang memiliki panu akan dicap orang yang jorok, dan tidak bisa menjaga kebersihan badannya sendiri.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki panu di permukaan kulit, tidak usah panik dan galau. Berikut ini tim Uniq Info berikan kumpulan informasi mengenai bagaimana cara menghilangkan panu dengan cepat tanpa efek samping, dan tentunya menggunakan bahan-bahan herbal yang alami.

Yuk, simak cara hilangkan panu dengan cepat seperti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Panu atau dalam istilah medisnya disebut dengan versicolor merupakan bintik-bintik putih atau merah pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur penyebab panu adalah jamur Malassezia.

Sesungguhnya, jamur ini (Malassezia) merupakan jamur yang memiliki manfaat bagi kulit.

Jamur ini dapat berguna dalam menangkal adanya infeksi pada kulit, sehingga menjadikan kulit terhindar dari kuman dan bakteri ketika ada luka yang berpotensi menjadi infeksi.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab tumbuh suburnya jamur Malassezia, yuk simak jawabannya di bawah ini.
  • Bila kondisi atau cuaca sedang panas dan lembab, maka pertumbuhan jamur Malassezia akan menjadi sangat cepat
  • Pada kondisi sedang berkeringat, pertumbuhan jamur Malassezia juga akan makin subur bila orang tersebut tidak rutin membersihkan tubuhnya atau mengganti bajunya.
  • Seseorang dengan tipe kulit berminyak juga akan rentan terhadap pertumbuhan jamur Malassezia ini.
  • Daya tahan tubuh lemah juga dapat menstimulasi berkembang biaknya jamur Malassezia.
  • Perubahan hormon yang terjadi secara mendadak, juga akan memicu pertumbuhan jamur Malassezia.

Perlu menjadi perhatihan, bahwa pertumbuhan panu hanya melihat kondisi lingkungannya, apakah cocok atau tidak. Bila kondisinya sangat mendukung untuk berkembang, maka panu akan dengan senang hati berkembang biak tanpa mengenal usia, jenis dan golongan seseorang.

Dari beberapa penyebab tumbuh suburnya panu, sekarang mari kita simak bagaimana cara paling ampuh menghilangkan panu pada kulit. Yuk, simak penjelasannya.

1. Minyak KelapaPenggunaan minyak kelapa sebagai bahan untuk mengobati panu sudah dibahas dan ulas hampir semua artikel kesehatan. Mereka merekomendasikan untuk menggunakan minyak kelapa dalam menghilangkan panu.

Minyak kelapa merupakan minyak alami yang terbuat dari kelapa dan sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Bahkan, mitos jawa kuno menyebutkan dengan meminum minyak kelapa sebelum melahirkan akan melancarkan persalinan.

Minyak kelapa sangat direkomendasikan sebagai obat penghilang panu karena memiliki sifat anti-fungi yang efektif mengurangi produksi jamur. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak ringan yang dapat dijadikan sebagai fungisida alami.

Minyak kelapa ini memiliki sifat anti-fungal sehingga sangat efektif mengurangi produksi jamur Malassezia pada kulit. Kandungan asam lemak ringan pada minyak kelapa dapat berfungsi sebagai fungisida alami.
Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat menghilangkan panu
  1. Oleskan secara langsung minyak kelapa pada kulit yang terdapat bercak-bercak panu. Biarkan sampai kering kering teresap oleh kulit.
  2. Campurkan minyak kelapa dengan beberapa tetes madu kemudian oleskan pada daerah kulit yang terdapat panu. Biarkan sampai kering dan bilas menggunakan air hangat.
 2. Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu masak yang tidak pernah terabaikan. Hampir semua masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama.

Selain menjadi bumbu dapur, ternyata bawang putih juga dapat digunakan untuk obat penghilang panu yang efektif tanpa efek samping.

Tidak jauh berbeda dengan minyak kelapa, bawang putih juga memiliki kandungan anti-fungidal yang sangat efektif dalam menghilangkan panu. Menggunakan bawang putih sebagai obat panu juga dapat mengurangi rasa gatal diakibatkan oleh jamur.

Bagi orang jawa, bawang putih juga biasa digunakan sebagai jamu untuk memperlancar darah dengan cara menjadikannya sebagai minuman yang di jus.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa menerapkan tips berikut ini
  1. Haluskan bawang putih sampai lembut, kemudian oleskan pada kulit yang terdapat bercak panu. Biarkan sampai kurang lebih 15-30 menit kemudian bilas dengan air hangat dan sabun agar aroma bawang putihnya hilang.
  2. Bila Anda tahan dengan baunya yang menyengat, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah sebanyak 2-3 siung dalam satu hari sampai panu pada kulit Anda menghilang. Perlu diingat bahwa, mengkonsumsi bawang putih juga akan membuat peredaran darah Anda menjadi lancar.
  3. Atau Anda dapat membeli suplemen bawang putih yang banyak tersedia di Apotek.


3. Lidah Buaya
Bila pada umumnya orang mengetahui lidah buaya hanya digunakan untuk menyehatkan rambut, menghitamkan rambut, dan membuat rambut lembut, kali ini tidak untuk itu.

Lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati panu. Apakah bisa?

Tentu bisa.

Lidah buaya memiliki protein yang diberi nama 14 kDa. Protein ini memiliki anti-fungal dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Sehingga protein ini dapat mengisolasi dan menjadi obat yang efektif untuk menghilangkan jamur penyebab panu pada kulit.

Untuk cara penggunaannya, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.

  1. Oleskan lendir yang terdapat pada lidah buaya secara langsung pada area kulit yang terkena panu. 
  2. atau, campurkan 2 sendok lendir lidah buaya dengan 2 sendok makan minyak lavender. Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang dipenuhi jamur. Biarkan sampai kering dan lakukan sampai panu benar-benar hilang

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan panu secara efektif dan tentunya tanpa efek samping.

Jangan tunda lagi, lakukan cara ini agar jamur Malassezia tidak berkembang biak terlalu banyak sehingga sekujur tubuh dipenuhi dengan panu.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

3 Cara Ampuh Hilangkan Panu Tanpa Efek Samping, Patut Dicoba!
4/ 5
Oleh