5 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Bahan-bahan Alami


Uniq Info - Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang biasanya menjadi perhatian, terutama bagi perempuan.

Hampir semua wanita menggunakan lipstik untuk mempercantik dan memperindah bibir yang mereka miliki.

Selain mempercantik dan memperindah, tujuan mereka menggunakan lipstik salah satunya juga agar bibir tidak pecah.

Terkadang, beberapa orang diantaranya menggunakan ludahnya untuk membasahi bibir keringnya dengan cara menjilatinya. Apakah ini efektif? tentu tidak, semakin sering Anda menjilati bibir Anda, maka kekeringan pada bibir akan menjadi lebih parah.

Kenapa begitu?

Air ludah memiliki senyawa yang bernama amylase dan maltase dimana kedua senyawa ini dapat membuat bibir menjadi lebih kering.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? yuk simak penjelasannya berikut ini.


Cara Mudah Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami



Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Salah satu penyebabnya adalah cuaca, obat dan tentu kebiasaan Anda menjilati bibir Anda.

Bibir kering dan pecah-pecah sebenarnya umum terjadi pada siapa saja, namun ada beberapa kasus dimana seseorang mengalami bibir kering dan pecah dengan  kondisi yang cukup serius sehingga membuatnya tidak nyaman untuk makan.

Kondisi bibir kering dan pecah pada tingkat ekstrim disebut dengan cheilitis, merupakan suatu kondisi dimana bibir kering dan pecah sampai terjadi pendarahan. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena adanya infeksi pada bibir yang kecing dan pecah tadi. Bila kondisi sudah seperti ini, maka tindakan medis sudah pasti harus dilakukan. Bila tidak, maka ada kemungkinan akan menjadi lebih parah dari itu.

Bila bibir kering dan pecah yang Anda alami masih tahapan normal, berikut ini 5 tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan bahan-bahan alami

1. Irisan Mentimun
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah dengan menggunakan irisan mentimun. Irisan mentimun sangat identik dengan masker alami yang sering ditempelkan pada area mata.

Kandungan pada mentimun dipercaya mampu menghilangkan kantung hitam pada mata. Selain untuk mata, irisan mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun memiliki banyak kandungan air didalamnya, yaitu sekitar 90 %.

Selain H2O, mentimun juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk bibir seperti asam absorbik dan asam kafeik. Keduanya bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel pada bibir, sekaligus melembabkan bibir dengan sangat mengagumkan. Caranya sangat mudah, tinggal tempelkan beberapa irisan mentimun pada bibir kering, dan biarkan sekitar 15-30 menit.

2. Sebum yang Anda Miliki
Bibir kering dan pecah-pecah disebaban karena produksi sebum atau minyak alami pada bibir berkurang. Nah salah satu cara termurah dan paling mudah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan sebum milik Anda sendiri.

Anda pasti bertanya, darimana saya mendapatkan sebum? Coba usap wajah Anda dengan menggunakan jari, bisa Anda rasakan ada minyak kan di jari Anda? Nah itulah yang disebut sebum. Anda bisa mengoleskan sebum pada bibir kering Anda, meskipun sensasinya memang agak kurang nyaman. Hal ini membantu Anda juga untuk tidak menjilat bibir Anda tentunya.

3. Mentega Mangga
Bagi pembaca yang belum tahu, mentega mangga merupakan salah satu jenis mentega, yang terbuat dari ekstrak biji mangga. Biji mangga sangat kaya akan asam lemak sehingga dapat melembabkan bibir dengan sangat efektif. Lemak yang dihasilkan mentega mangga tediri dari asam oleat dan asam stearat yang dapat melembutkan dan melembabkan bibir.

Selain itu kandungan asam lemak pada mentega mangga dapat mengikat air dengan sangat baik, sehingga bibir pun menjadi lembab lebih lama. Anda dapat menggunakan mentega mangga ini untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

4. Lidah Buaya
Sepertinya memang tidak ada habisnya manfaat dari lidah buaya ini. Selain untuk rambut dan kulit, gel lidah buaya ternyata juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sama seperti mentega mangga, lidah buaya juga memiliki kandungan asam oleat dan asam stearat yang dapat mengikat dan menyerap molekul air sehingga bibir pun menjadi lembab lebih lama lagi.

Selain itu lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai minyak esensial karena dapat menstimulasi kulit bibir untuk memproduksi kolagen. Namanya memang menyeramkan, namun fungsinya ternyata sangat luar biasa. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa
Sama seperti lidah buaya, kelapa sudah digunakan beribu-ribu tahun oleh umat manusia sebagai obat alami yang sangat efektif. Dunia modis modern pun mengakui hal itu. Salah satu manfaat lainnya dari kelapa adalah dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak yang berbeda dengan tumbuhan lainnya yaitu medium-chain fatty acids (MCFAs).

Kandungan lemak ini dapat terserap dengan baik oleh bibir, sehingga dapat melembabkan bibir dengan sangat efektif. Anda dapat mengoleskan beberapa sendok teh minyak kelapa pada area bibir kering dan pecah-pecah.

Itulah tips yang dapat Uniq Info berikan pada pembaca bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Related Posts

5 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Bahan-bahan Alami
4/ 5
Oleh