Inilah Cara Mudah Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami



Uniq Info - Jerawat yang muncul pada kulit wajah maupun punggu seseorang beragam jenisnya. Setiap jenis jerawat memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada jerawat yang memang sangat mudah disembuhkan dan ada pula yang sangat membandel untuk disembuhkan.

Jenis jerawat yang sangat memandel untuk disembuhkan salah satunya adalah jenis jerawat batu. Untuk itu, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mengenali dan mengetahui penyebab munculnya si jerawat batu ini agar kita juga dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Secara umum, Cara mengatasi jerawat batu dapat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Sebenarnya banyak tips mengatasi jerawat / tips menyembuhkan jerawat membandel yang kita lakukan.

Apa yang dimaksud dengan jerawat batu? mungkin ini yang menjadi pertanyaan para bagi siapa saja yang baru merasakan munculnya jerawat. Oke mari kita cari tahu apa itu jerawat batu. Jerawat batu merupakan sejenis jerawat yang memiliki ukuran lebih besar dari komedo atau jerawat biasa, dengan warna hitam dan dapat menyebabkan peradangan kulit yang lumayan parah dan proses penyembuhan agak membandel. Meskipun sudah disembuhkan,  namun jenis jerawat batu ini masih meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan dengan warna disekelilingnya menghitam. Jerawat batu dapat tumbuh dibagian wajah, dagu, punggung, dada dan bagian tubuh lainnya.

Penyebab Jerawat Batu
Pada dasarnya, penyebab jerawat batu belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab jerawat batu bisa dijadikan indikasi bahwa kebiasaan itulah yang menjadi faktor penyebab munculnya jerawat batu. Faktor-faktor yang mempengaruhi jerawat batu ini sangat beraneka ragam.  Beberapa diantaranya adalah faktor genetik dan faktor lingkungannya. Faktor lingkungan ini karena terlalu banyaknya polusi-polusi udara maupun polusi air dan bebarapa faktor tertentu. Oke kita ketahui penjelasan beberapa faktor-faktor yang meyebabkan timbulnya jerawat batu. Selain karena faktor genetik, atau yang disebabkan karena fisiologi tubuh kita, jerwat muncul bisa juga dikarena kebiasaan kita yang kurang bersih.

1. Faktor Genetik
Jerawat batu ini dapat terjadi karena faktor genetik.  Apakah yang dimaksud dengan faktor genetik itu? Faktor genetik merupakan faktor keturunan/bawaan dari keluarga bapak atau ibu. Nah apabila terkena jerawat batu karena faktor genetik tidak perlu khawatir akan penyembuhannya. Meskipun jerawat batu timbul karena faktor genetik, bukan berarti tidak bisa untuk disembuhkan akan tetapi juga bisa untuk disembuhkan.

2. Faktor Sel Kulit Mati
Sel kulit mati  merupakan juga faktor utama yang mempengaruhi timbulnya jerawat. Penumpukan sel kulit mati yang semakin meningkat dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri. Sehingga pori-pori kulit wajah tertutup oleh penumpukan sel mati dan menjadi pemicu timbulnya jerawat batu.

3. Faktor Bakteri
Bakteri juga menjadi faktor terjadi timbulnya jerawat batu. Bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat ini adalah sejenis bakteri P.Acne. Bakteri P. Acne ini biasanya berkembangbiak pada kelenjar sebaceous sehingga terjadi penyumbatan, dan menghasilkan zat - zat jahat yang dapat membuat sel kulit mengalami pembengkakan menjalar kepermukaan kulit. Jika tidak segera dicegah lama kelamaan akan berkembang menjadi jerawat batu.

4. Faktor Alergi
Terjadinya alergi pada kulit karena faktor-faktor tertentu juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat batu. Faktor-faktor yang menyebabkan alergi dapat berupa dari berbagai jenis makanan dan faktor lingkungan yang tidak sehat. Beberapa  makanan yang dapat menyebabkan alergi dapat berupa seafood (kerang, udang, kepiting, dan lain sebagainya).

5. Faktor Sinar Ultra Violet
Paparan sinar matahari secara langsung  dalam waktu lama dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel  kulit.karena sinar matahari terkandung sinar ultra violet yang dapat menimbulkan jerawat batu. Sinar matahari  yang banyak mengandung sinar ultra violet terjadi pada pertengahan siang hari saat terik. Maka dari itu kita sebaiknya mengurangi keluar pada saat siang hari  yang sangat terik , untuk mengurangi resiko terkena sinar ultra violet secara berlebih.

6. Faktor Tipe atau Jenis kulit
Jerawat batu dapat menyerang pada jenis-jenis kulit tertentu. Jenis kulit yang sering mengalami jerawat batu yaitu jenis kulit yang memproduksi minyak secara berlebih. Kelebihan memproduksi minyak pada sel kulit dapat mengakibatkan kotoran mudah melekat pada kulit sehingga bakteri penyebab jerawat batu mudah berkembang biak pada kulit wajah.

7. Faktor Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk ini yang sering tidak dihiraukan oleh kebanyakan orang. Padahal hal-hal yang seperti ini merupakan faktor utama penyebab berbagai macam masalah kesehatan kulit salah satunya timbulnya jerawat batu pada wajah.kebiasan buruk dapat berupa sering tidak memperhatikan kebersihan pada kulit wajah dan sering bergonta-ganti produk kecantikan pada wajah.

Cara Alami Mengobati Jerawat Batu
Mengatasi berbagai masalah jenis jerawat sebenarnya tidak perlu pergi ke tempat yang membutuhkan biaya yang menguras kantong. padahal banyak cara alternatif untuk mengobati jerawat batu denga menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita dapatkan dengan harga yang terjangkau dan relatif murah.
Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan alami pada kulit wajah sebaiknya kita membersihkan kulit wajah terlebih dahulu dari kotoran yang melekat pada  kulit wajah agar bahan-bahan yang akan digunakan mudah terserap oleh sel-sel  kulit. Beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengobati jerawat batu adalah sebagai berikut ini :

1. Buah Tomat
Buah tomat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit salah satunya jerawat batu karena dalam buah tomat banyak mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan pada kulit wajah untuk mencegah timbulnya jerawat. beberapa vitamin dan mineral tersebut antara lain yaitu vitamin A, C, dan B1, serta beberapa mineral berupa kalsium, zat besi, dan belerang.

Persiapan dan cara penggunaannya :
  • Siapkan 2 buah tomat sudah matang
  • Cuci  buah tomat dengan  menggunakan air dingin sampai bersih
  • Potong buah tomat tersebut menjadi 2 bagian yang sama besar
  • Usapkan buah tomat pada area wajah seacara merata dengan cara sedikit ditekan
  • Diamkan sekitar kurang lebih 20 – 30 menit
  • Bilas sampai bersih menggunakan air dingin
  • Lakukan cara tersebut dengan rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal

2. Putih Telur
Telur selain enak untuk lauk ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari gangguan jerawat batu. Petih telur ini tidak lepas perannya dalam dunia kecantikan. Sejak jaman dahulu putih telur ini dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.

Persiapan dan cara penggunaannya :
  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung
  • Pecah dan pisahkan putih telur dengan kuning telur
  • Oleskan putih telur pada area kulit wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama kurang lebih sekitar  25 - 30 menit atau sampai mengering.
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

3. Umbi Kentang
Umbi kentang memiliki  zat yang alkali yang dapat berperan untuk membersihkan kotoran membandel pada kulit wajah penyebab timbulnya jerawat. Umbi kentang ini dapat digunakan sebagai masker wajah.

Persiapan dan cara penggunaannya :
  • Siapkan 1 butir kentang
  • Kupas kulitnya dan cuci sampai bersih
  • Tumbuk sampai halus dengan blender atau dengan alat lainnya
  • Taburkan pada area kulit wajah secara merata
  • diamkan selama kurang lebih 25 – 30 menit
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara rutin dan teratur.

4. Jeruk Nipis, Kunyit dan Madu
Ramuan madu, jeruk, nipis dan kunyit sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan kulit wajah dari jerawat. Cara menggunakan ramuan ini cukup mudah tidak memerlukan cara khusus. Berikut ini kita perhatikan cara dan pengaplikasiannya.

Persiapan dan cara penggunaannya :
  • Siapkan bahan 1 buah jeruk nipis, dan kunyit secukupnya
  • Cuci buah jeruk nipis dan kunyit sampai bersih
  • Tumbuk sampai halus kunyit tersebut dengan blender atau parut
  • Tambahkan sedikit madu dan air perasan  jeruk nipis, aduk sampai merata
  • Oleskan pada area kulit wajah sampai merata keseluruh wajah
  • Diamkan selama sekitar 20 - 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

5. Pasta Backing Soda
Baking soda juga dapat digunakan untuk membantu mempercepat menyembuhkan dan mencegah jerawat agar tidak berkembang lebih banyak. Tetapi menggunakan bahan ini diusahakan tidak terlalu sering. Caranya adalah sebagai berikut :

Persiapan dan cara penggunaannya :
  • Siapkan backing soda secukupnya
  • Tambahkan backing soda dengan sedikit air aduk secara merata dan kental
  • Oleskan pada area kulit yang berjerawat
  • Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara teratur dan tidak berlebihan

Bahan-bahan diatas selain memberi manfaat untuk menghilangkan jerawat. juga bisa membuat kulit tampak semakin cerah dan segar. Pastikan alat-alat yang digunakan harus benar-benar sudah disterilkan. Selain tips diatas, pengobatan jerawat dapat dilakukan menggunakan ekstrak daun beluntas. Ekstrak daun beluntas dapat mengangkat sebum yang menutup pori-pori yang menjadi pemicu munculnya jerawat karena timbunan lemak tidak dapat keluar akibat terhalang oleh sebum.

Baca juga: Cara cepat menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Related Posts

Inilah Cara Mudah Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami
4/ 5
Oleh