Bebas Jerawat Hanya dengan Garam Dapur? Yuk Simak Penjelasannya


Uniq Info - Cara Menghilangkan Jerawat dengan Garam Dapur. Jerawat merupakan masalah umum dan mungkin bisa dibilang serius bagi para remaja yang baru saja beranjak dewasa. Memang, jerawat biasanya pada saat-saat tertentu, seperti saat sedang haid, wajah berminyak, dan juga karena faktor hormonal seseorang.

Meskipun dibilang tidak membahayakan, kehadiran jerawat memang membuat kita risih. Terlebih jika jerawat yang muncul menyebabkan rasa sakit dan bernanah karena peradangan bakteri yang tertutup lemak kering. Membuat orang yang dihinggapi jerawat tidak sabar dan segera ingin mengobatinya. Al hasil, bila terburu-buru, dan sering bergonta-ganti produk kecantikan, terkadang akan memperburuk kondisi kulit. Gonta-ganti produk kecantikan akan menyebabkan kulit kamu menjadi lebih sensitif dan mudah sekali bagi jerawat menampakkan dirinya. Untuk itu, pintar-pintarlah dalam memilih produk kecantikan.

Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat yang hinggap di bagian tubuh kamu. Baik menggunakan produk kencantikan, atau dengan cara alami, bila itu benar maka jerawat akan menghilang dari wajah kamu. Jerawat yang tidak diobati sekalipun juga akan sembuh dengan sendiri bila kamu selalu menjaga kebersihan area yang seringkali dihinggapi jerawat. Memang waktu yang dibutuhkan agar jerawat sembuh dengan sendiri tergolong lama.Tapi, jerawat yang hilang dengan sendirinya terkadang meninggalkan noda hitam atau flek hitam bekas jerawat.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa garam juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang muncul pada wajah kamu?

Garam yang dilarutkan di dalam air akan bersifat ionik dan mengandung belerang serta kalium. Keduanya ini mampu menjaga keseimbangan kandungan air pada kulit. Selain itu, air garam juga mampu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit kamu.

Tertarik mencobanya? Nah berikut ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan beserta manfaatnya.

Cara Uap Air Garam
Hampir berbagai jenis jerawat dapat disembuhkan dengan menggunakan jerawat, seperti jerawat batu, jerawat bernanah, jerawat bengkak, hingga jenis jerawat lainnya. Kandungan kalium dan beleranglah yang sebenarnya membantu kamu menghilangkan jerawat dari kulit wajah kamu. Kedua senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran yang ada pada wajah sehingga dapat menghambat munculnya jerawat akibat tumpukan kotoran disekitar kulit wajah.

Mengobati jerawat menggunakan garam cukup mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya
  1. Siapkan garam dapur kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan.
  2. Masukkan garam yang telah disiapkan ke dalam 150 ml air, aduk sampai rata dan panaskan.
  3. Bersihkan wajah kamu, dan ikat rambut ke belakang agar tidak menghalangi wajahmu
  4. Setelah itu, dekatkan muka anda ke atas panci yang berisi air garam panas tersebut. Dekatkan hingga uap air garam mengenai kulit wajah seluruhnya dan menempel di wajah. Lakukan selama 15 hingga 20 menit.
  5. Pada tahap ini, bagi kamu yang menggunakan softlens, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu agar uap panas dari rebusan air garam tidak melelehkan softlens yang kamu kenakan

Kombinasi antara air garam dan minyak zaitun
Hampir serupa dengan cara yang diatas, namun cara yang kedua ini dengan sedikit menambahkan minyak zaitun pada saat treatmen.

Kandungan mineral yang tinggi dalam garam mampu mempertahan elastisitas kulit. Langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah diantaranya
  1. Siapkan garam dapur kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan
  2. Masukkan garam yang telah disiapkan kedalam 150ml air. Kemudian panaskan jangan sampai mendidih
  3. Bersihkan kulit wajah anda hingga bersih.
  4. Celupkan handuk bersih ke dalam air garam panas lalu usapkan atau tempelkan ke wajah kamu. Biarkan selama kurang lebih 15 menit
  5. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin
  6. Selanjutnya, pijat-pijat wajah anda dengan menggunakan air garam dengan beberapa tetes minyak zaitun. Lakukan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar.
  7. Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat kamu benar-benar hilang

Mengontrol minyak wajah menggunakan air garam
Banyak yang beranggapan bahwa minyak di wajah yang bercampur kotoran atau debu menjadi penyebab jerawat. Kadar minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat dikontrol menggunakan kalium dan belerang yang ada pada garam.

Caranya sangat mudah sekali, kamu pasti bisa lakukan ini di rumah.

Pertama. Menghilangkan jumlah minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat dengan metode uap air garam seperti yang telah disebutkan diatas. Cara ini dapat kamu lakukan kapan saja selama kamu memiliki waktu luang untuk melakukannya. Bisa pagi, atau malam sebelum tidur.

Kedua. Membersihkan minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat dilakukan mengguakan uap air garam setiap hari pada saat sedang mandi, atau ketika kulit wajah terasa lembab dan penuh minyak.

Lakukan ini secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang bersih tanpa minyak. Bila terjadi iritasi atau alergi, maka hentikan pemakaian. Semoga jerawat yang ada di wajah kamu segera menghilang.

Related Posts

Bebas Jerawat Hanya dengan Garam Dapur? Yuk Simak Penjelasannya
4/ 5
Oleh